Ketua MUI Pusat Bidang Fatwa: Ormas Islam Harus Saling Menjaga Ukhuwah Islamiyah Dan Bersinergi

Pengurus IKADI Jember menghadiri Silaturahim bersama Ketua MUI Pusat Bidang Fatwa / Foto: Dokumen IKADI

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Bidang Fatwa, Prof. Dr. H. M Asrorun Ni’am Sholeh, MA menyampaikan tentang pentingnya menjalin ukhuwah islamiyah dalam acara Silaturahim di RM Lestari Jember, senin 5 juni 2023.

Berbagai organisasi masyarakat (ormas) Islam hadir dalam acara tersebut. Diantaranya ada Ikatan Dai Indonesia (IKADI), Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah. Selain itu, Kementerian Agama (kemenang) Jember.

Asrorun Ni’am Sholeh menjelaskan bahwa untuk menjaga ukhuwah islamiyah, ormas islam harus menjaga silaturahim dan harus saling sinergi. Karena prasyarat ekonomi kotemporer itu adalah networking. “Dan networking itu diawali dengan silaturahim seperti ini,” jelas Asrorun Ni’am Sholeh dalam tausiyahnya.

Sementara itu perwakilan pengurus wilayah jawa timur (PW Jatim) IKADI di Jember, Ustadz
Agus Rohmawan, SE turut membenarkan apa yang disampaikan oleh Ketua MUI Pusat Bidang fatwa tersebut.

Menurutnya, dengan kegiatan silaturahim ini, baik ormas islam maupun lembaga syariah, bisa menjadi fasilitator terutama untuk meningkatkan edukasi kepada jamaahnya.

“antar komponen ormas islam dan lembaga syariah bisa saling support, terutama edukasi dan mendapatkan manfaat dari sistem syariah di Indonesia,” ungkapnya.